5 Daftar Tempat Kursus Otomotif Jogja dan Tips Untuk Memilihnya

Pengertian kursus secara umum adalah belajar sesuatu pengetahuan atau keterampilan dalam waktu yang relatif singkat. Kursus merupakan salah satu pendidikan yang diberikan di luar sekolah resmi atau non formal untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan pada dirinya.

Perbedaannya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari suatu keterampilan tertentu. Peserta kursus yang telah mengikuti kursus dengan baik akan memperoleh sertifikat atau surat keterangan.

Tidak bisa mensyaratkan kemampuan akademis sebelum memasuki kursus, dijamin lulusan kursus montir otomotif mampu bersaing dengan lulusan dari STM dalam mencari pekerjaan. Paling tidak bisa cepat diterima untuk bekerja di bengkel. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa lulusan kursus montir otomotif yang bisa bekerja di sebuah bengkel yang cukup besar.

Mengenai persyaratan untuk bisa mengikuti kursus otomotif jogja sebenarnya cukup sederhana, asalkan bisa membaca, menulis, menghitung ini sudah mencukupi. Kebanyakan kursus montir otomotif tidak menuntun syarat akademis atau syarat keilmuan apapun kepada calon siswa. Artinya siapapun boleh mengikuti kursus, baik yang lulusan SD atau lulusan universitas. Tapi tentunya saja harus sesuai dengan minat dan bakat serta bersedia membayar uang kursus yang ditetapkan. 

Tips Memilih Kursus Otomotif Mobil

Tujuan mengikuti kursus adalah sebagai bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, pengembangan diri, pengembangan profesi, memiliki bengkel mobil sendiri, atau untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Alasan mengikuti kursus adalah keterbatasan waktu belajar, tidak ada kesempatan lagi untuk mengikuti pendidikan formal, faktor biaya belajar, lebih fokus dengan apa yang akan dipelajari, dan meningkatkan ketrampilan yang telah dimiliki.

Selanjutnya sebelum memilih kursus otomotif jogja ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dan menjadikan acuan dalam hal pengetahuan dan skill yang dipelajari lebih optimal dan diaplikasikan secara nyata. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut:

1. Tempat Kursus Resmi 

Pastikan tempat kursus yang dipilih memiliki izin untuk beroperasi. Nggak mau kan situasi belajar jadi nggak kondusif gara-gara ada masalah sampai sertifikatnya tidak bisa keluar? Oleh sebab itu perlunya lembaga kursus yang terdaftar secara resmi.

2. Metode Belajar Teori dan Praktik

Jadi perlu juga teori yang matang untuk peserta didik kursus otomotif akan lebih menguasai tata letak, rangkaian, fungsi sampai pengembangan teori yang dipelajari. Persentase teori yang disarankan pada kursus mobil juga tidak terlalu banyak sekitar antara 20-30 persen saja. Sedangkan untuk praktiknya antara 70-80 persen dari sesi belajar.

3. Kurikulum yang Lengkap

Kursus otomotif mobil setidaknya cari yang memberikan kurikulum yang lengkap. Misalnya tersedia modul sistem kinerja mobil, pengapian, kelistrikan, analisa komponen mesin, sistem keselamatan dan keamanan dalam berkendara, dan lain sebagainya. 

4. Pelajari Teknik Komputer Mobil

Dengan perkembangan teknologi semakin canggih mobil-mobil saat ini  sudah terkoneksi dengan sistem komputer. Bahkan jumlahnya semakin banyak. Menggunakan sistem komputer dapat mengatur berbagai hal mulai dari monitoring kondisi mobil, setelan mesin, sampai bagian torsi ke ban di medan yang tidak tentu. Karena itulah, agar tidak utak-atik mesin mobil untuk penguasaan sistem komputer mobil juga perlu dipelajari.

Daftar Tempat Kursus Otomotif Jogja yang Perlu Anda Ketahui

Dibawah ini akan dibahas beberapa tempat kursus otomotif yang ada di Jogja. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. SPEED PLUS

Speed Plus merupakan pusat pelatihan dan pengembangan keterampilan dalam bidang otomotif yang berkualitas. Tempat kursus ini juga sudah memiliki standar nasional yang mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dan siap untuk kerja dan bisa menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Tempat kursus otomotif jogja ini memiliki alamat sebagai berikut :

  • Alamat Jalan Glagahsari No. 122, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.
  • Kontak No. WA 0812-5272-8282 / 0812-2923-6336.
  • Website : https://kursusotomotif.com/

Tempat kursus otomotif profesional?

Ke SpeedPlus saja!

Tak perlu repot mencari, kami siap sedia membantu Anda menghubungkan dengan tempat kursus Speed Plus.

2. Otomotor Academy

Tempat kursus yang bergerak di bidang otomotif motor berada di Yogyakarta. Tempat kursus ini didirikan bermula dari melihat semakin banyaknya kendaraan bermotor di Indonesia membuat peluang usaha bengkel motor dan juga karir menjadi mekanik motor semakin terbuka lebar. Dengan banyaknya kendaraan bermotor maka kebutuhan akan tenaga mekanik dibutuhkan dengan skill yang handal.

Tempat kursus ini beralamat di Ruko No. 8 Jalan Delima, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Untuk berkonsultasi bisa menghubunginya dengan menggunakan No. WA 0812-259-7965.

3. IMMI Jogja

IMMI Jogja merupakan tempat kursus mekanik motor. Dan tujuan dibentuk berdasarkan keinginan untuk memajukan anak muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi di bidang mekanik sepeda motor serta dapat menciptakan SDM yang mandiri, berdedikasi, dan dapat berorientasi dalam bisnis offline maupun bisnis online.

Praktik pembongkaran mesin, Sumber: amazonaws.com

Tempat ini beralamat di Prawirotaman MG.III/711 Yogyakarta. Untuk lebih lanjut dengan informasinya anda dapat menghubunginya melalui No. 0816-4847-032. 

4. HMTC Yogyakarta

HMTC adalah kursus otomotif jogja yang memiliki beberapa cabang yaitu di Depok, Jakarta, Yogyakarta. Dengan adanya beberapa cabang secara otomatis memperluas jaringan-jaringan yang berhubungan dengan sepeda motor motor di Indonesia.

Untuk cabang Yogyakarta beralamat di Jalan Singsingamangaraja No. 72, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut dengan menghubungi No. Telp 0812-4212-4246.

5. IPTTI Yogyakarta

IPTTI Yogyakarta merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan non formal khususnya memberikan pendidikan dalam pelatihan dan kursus otomotif mobil. Tempat kursus ini akan menawarkan berbagai program pendidikan teknik seperti teknik otomotif motor, teknik otomotif mobil, teknik pengelasan, dan lainnya.

Alamat tempat kursus ini berada di Jalan Suryowijayan No. 95 B, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Yogyakarta. Untuk bisa berkonsultasi bisa menghubunginya dengan No. Telp 0857-8005-9505.

Sekian artikel yang dapat disampaikan yang memberikan daftar tempat kursus otomotif jogja. Terima kasih telah menyimaknya hingga akhir. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan yang sedang mencari tempat kursus otomotif jogja ini menjadi rekomendasi bagi anda.

Leave a comment