7 Spot Camping Jogja Murah Dan Ramah Lingkungan

Camping atau berkemah merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda coba untuk mengisi liburan Anda. Saat ini ada banyak sekali Spot camping Jogja yang bisa Anda kunjungi. Bukan rahasia lagi jika kota Jogja memiliki kekayaan dan panorama alam yang sangat indah. Berikut adalah beberapa 7 spot camping yang ada di Jogja. Yuk simak!

Daftar 7 Spot Camping Jogja Recommended

Jogja selain memiliki banyak tempat wisata bersejarah, ada juga tempat camping yang tidak kalah menarik. Pada ulasan ini kami akan memberikan rekomendasi tempat Camping yang murah dan ramah lingkungan untuk Anda.

1. Watu Mabur Camp

Watu Mabur Camp. Sumber: Google.com
Watu Mabur Camp. Sumber: Google.com

Watu Mabur Camp merupakan salah satu tempat kemah yang cukup terkenal di Jogja. Daya tarik tempat kemah yang satu ini adalah pemandangan indah dari tepi tebing. Tempat ini memiliki pemandangan Sungai Oyo dan sawah terasering yang bisa Anda lihat dari ketinggian. Dan jika Anda beruntung, Anda dapat melihat panorama kabut yang meliputi lokasi ini pada pagi hari.

Untuk lokasi Watu Mabur Camp ini ada di Lembah Bang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat kemah ini juga menyediakan fasilitas glamping. Selain itu, ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi seperti gardu pandang, susur goa salah satunya Goa Gajah, dan sebagainya.

2. Ledok Sambi

Ledok sambi. Sumber: Google.com
Ledok sambi. Sumber: Google.com

Selanjutnya adalah Ledok Sambi. Tempat ini memiliki daya tarik yaitu Anda dapat berkemah di pinggir sungai. Spot camping Jogja yang satu ini bisa menikmati panorama tepi sungai yang masih asri dilengkapi dengan udara segar khas pegunungan. Lokasi tempat camping ini ada di Jalan Kaliurang Nomor 2, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Tempat camping ini merupakan tempat anti mainstream, karena selain memiliki area camping tempat ini juga menyediakan fasilitas lainnya seperti piknik di pinggir sungai, paintball, flying fox river tubing, outbond, dan sebagainya.

3. Bukit Ngisis

Bukit ngisis, Magelang. Sumber: Google.com
Bukit ngisis, Magelang. Sumber: Google.com

Bukit Ngisis juga bisa menjadi tempat camping yang bisa Anda kunjungi, tempat ini memiliki daya tarik yang cukup unik yaitu Anda dapat berkemah dengan melihat keindahan panorama alam dari ketinggian. Selain itu, Anda dapat juga disuguhkan dengan pemandangan gunung-gunung di Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Sumbing.

Tempat camping yang satu ini menyediakan area khusus untuk berkemah. Di Dekat area ini juga terdapat beberapa tempat wisata, diantaranya adalah kebun teh Nglinggo, Borobudur Highland, Tumpeng Menoreh, Puncak Widosari dan masih banyak lagi. 

Dan tempat ini juga menyediakan fasilitas glamping loh. Yang mana Anda bisa merasakan sensasi tidur di hotel namun di tengah alam terbuka. Lokasi bukit Ngisis ini berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Camping Ground. Sumber: Google.com
Bukit Lintang Sewu Camping Ground. Sumber: Google.com

Tempat camping yang satu ini diberi nama Bukit Lintang Sewu karena dari atas puncak bukit Anda bisa melihat bintang di langit dan kerlap-kerlip lampu kota Jogja pada malam hari. Dari puncak bukit, Anda bisa melihat bintang yang jumlahnya ada ribuan. Selain itu, tempat camping ini memiliki fasilitas seperti spot foto, area outbond, restoran, mushola, toilet, dan lainnya.

Selain itu, bukit Lintang Sewu juga menyediakan fasilitas glamping. Fasilitas glamping yang tempat ini tawarkan meliputi perlengkapan tidur, toilet, dan listrik. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk membawa membawa peralatan camping.

Karena Bukit Lintang Sewu ini sudah menyediakan tenda dan selimut. Bukit Lintang Sewu ini memiliki ketinggian 500 mdpl. Lokasi bukit ini berada di Dusun Karangasem, Kelurahan Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Panorama Gunung Purba. Sumber: Google.com

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu spot camping Jogja yang populer. Meskipun salah satu gunung Jogja yang indah ini merupakan gunung berapi, namun tenang saja gunung ini sudah tidak aktif lagi. Gunung berapi ini sudah berusia sekitar 60-70 juta tahun. Dan lokasi spot camping di berada di sekitar 50 meter dari puncak yang bernama Gunung Gede.

Gunung Api Purba ini memiliki ketinggian 700 mdpl, sehingga menjadikan gunung ini cocok untuk pendaki pemula. Di Sekitar gunung ini ada beberapa objek wisata lainnya seperti Desa Wisata Nglanggeran, air terjun Kedung Kandang, Embung Nglanggeran dan lainnya. Tempat camping di terletak di di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

6. Waduk Sermo

Pemandangan Waduk Sermo. Sumber: Google.com

Saat ini camping tidak memulu di pegunungan ataupun perbukitan, Anda juga bisa camping di tepi waduk. Salah satu Spot camping di Jogja yang memiliki area camping di tepi waduk adalah waduk Sermo. Waduk ini terletak di pinggiran kota Jogja atau lebih tepatnya di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. 

Waduk Sermo ini juga menyediakan fasilitas glamping, yang diberi nama dengan Sermo Glamour Camp. Jika Anda tertarik untuk berkemah di waduk ini, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas di area waduk seperti naik kayak, perahu, memancing, api unggun, pesta barbeque dan tentunya Anda juga bisa melihat panorama sunrise dan sunset.

Banyak wisatawan datang dari jauh untuk menikmati malam di waduk sermo. Jika Anda dari jakarta dan ingin mendapatkan pengalaman camping yang berkesan dengan makanan yang masih segar atau minuman dingin, sangat disarankan untuk menggunakan dry ice Jakarta untuk penyimpanan logisitk.

7. Bukit Klangon

Camping ground Bukit Klangon. Sumber: Google.com
Camping ground Bukit Klangon. Sumber: Google.com

Di bukit Klangon ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang menarik, yaitu puncak Gunung Merapi yang mengeluarkan asap. Lokasi spot camping ini sangat dekat dari gunung Merapi, hanya sekitar empat kilometer saja. Dan tempat ini menjadi spot camping favorit para pencinta Alam.

Namun, sebelum berkemah di bukit Klangon ini sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai aktivitas gunung Merapi, hal ini dilakukan untuk keselamatan diri Anda. Seperti yang kita ketahui, gunung Merapi adalah gunung yang masih aktif sampai saat ini.

Nah itu dia informasi yang dapat kami berikan mengenai 7 spot camping Jogja murah dan ramah lingkungan. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk mengunjungi salah spot camping tersebut?

Leave a comment