Jogan, Wisata Unik Pantai Sekaligus Air Terjun yang Patut Dicoba

Pernah mendengar pantai yang memiliki air terjun? Mungkin pernah. Namun jika mengetahui pantai ini berada di Jogjakarta, pasti jarang terdengar. Ternyata wisata pantai Jogjakarta memiliki banyak keunikan. Salah satunya adalah Pantai Jogan. Pantai ini merupakan pantai unik yang memiliki air terjun. Bibir pantainya merupakan hamparan pantai yang letaknya dibawah arus air terjun.
Berikut informasi selengkapnya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Jogan

Pantai Jogan terletak di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Jika menempuh perjalanan dari Jogjakarta, panjang perjalanan sejauh 74 Km. Meskipun begitu, banyak pengunjung yang masih penasaran dengan keunikan pantai yang berada di bawah air terjun ini.

Pantai Jogan, sumber ig pantai.jogja
Pantai Jogan, sumber ig @pantai.jogja

Rute dari Yogyakarta ke Pantai Jogan adalah sebagai berikut : Yogyakarta –> Piyungan –> Wonosari –> ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km –> pertigaan di Desa Mulo (50m setelah kolam renang) –> kiri Jurusan Mentel –> Bintaos –> Tepus –> Pertigaan Winangun/Nangun belok kanan lurus –> pertigaan belok kanan menuju Pantai Jogan –> Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung –> ikuti jalan kemudian belok kanan –> Tujuan. Tentu akan lebih mudah jika memakai jasa travel wisata Jogja saat menuju ke lokasi.

Keadaan jalan menuju Pantai Jogan masih berupa cor blok. Tidak seperti pantai-pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini memang masih jarang menjadi perhatian para wisatawan meskipun pengunjungnya relatif ramai. Bagi para wisatawan disarankan untuk menaiki kendaraan kecil seperti menyewa mobil wisata atau yang sejenis itu untuk menuju pantai ini. Sampai pada pos retribusi Pantai Siung para wisatawan akhirnya harus melanjutkan dengan menelusuri jalan setapak menuju pantai dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir, jalan setapak menuju pantai menawarkan pemandangan yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keindahan Pantai Jogan

Sebenarnya Pantai Jogan merupakan terusan dari Pantai Siung, dimana di Pantai Siung sendiri terdapat tebing-tebing. Dari atas tebing-tebing ini mengalir sungai kecil yang melewati jalan menuju Pantai Jogan hingga akhirnya aliran air terjun ke bawah menyatu dengan ombak pada bibir Pantai Jogan. Jika menempuh jalan setapak menuju Pantai Jogan aliran sungai kecil ini terletak pada dua sisi jalan setapak sehingga menampilkan pemandangan yang luar biasa menarik.

Pantai Jogan, sumber ig jogjacitymewa
Pantai Jogan, sumber ig @jogjacitymewa

Keindahan pemandangan air terjun dari jauh tampak seperti selendang putih yang menjulur ke bawah hingga ditabrak oleh ombak pantai. Lebih dari itu, lepas pantainya juga menyajikan pemadangan samudra Hindia dengan ombak-ombak yang fantastis. Jika ingin menikmati pantai, terdapat jembatan yang bertingkat menuju ke bawah. Disarankan untuk tidak mencoba terjun kecuali memiliki keahlian berenang, arung jeram atau bersama pemandu yang bisa memastikan keselamatan dalam menikmati pantai ini.

Demikian ulasan mengenai keunikan Pantai Jogan. Semoga deskripsi di atas bisa menjadi gambaran bagi yang ingin berkunjung ke sana. Tetap waspada dan bertanyalah kepada penduduk lokal sebelum menikmati wisata lepas pantai ini demi keamanan dan kenyamanan. Simak ulasan lainnya mengenai Taman Sari dan selamat berwisata!

Leave a comment